Rabu, 22 Juni 2011

KEGIATAN ULANGAN SEMESTER GANJIL SMA PGRI 1 BANJARBARU

Ulangan Tertulis

Ulangan semester ganjil adalah suatutu kegiatan mengevaluasi hasil belajar siswa/i selama 6 bulan agar dapat mengetahui sampai mana kemampuan para siswa/i tsb. Seperti pada sekolah-sekolah umumnya termasuk SMA PGRI 1 Banjarbaru selalu mengadakan ulangan semesteran. Kira- kira tepatnya pada bulan Oktober-November kemarin ulangan semester ganjil dilaksanakan. Pada kegiatan ulangan tersebut siswa/i tidak lepas dari pegangan mereka yaitu buku pelajaran.

Setiap pagi mereka selalu membawa pegangan mereka untuk mengulang kembali apa yang telah mereka pelajari. Saya  pun juga tidak lepas dari pegangan saya yaitu buku pelajaran. Tetapi ada juga mereka yang bercanda dengan teman-temannya

Seiring waktu berjalan lonceng pun berbunyi, saya & para siswa/i lainnya pun masuk ke ruangan masing-masing untuk segera melaksanakan ulangan. Didalam ruangan ulangan semua peserta masing-masing ada yang mengeluarkan mimik wajah yang berbeda, ada yang terlihat takut, tegang, dan santai semua itu tergabung menjadi satu. Pada saat lembar jawaban dan soal dibagikan oleh pengawas tentu saja perasaan peserta ulangan sangat deg-degan dan penasaran serta tidak sabar untuk membaca soalnya.

Pada saat ulangan semua peserta dituntut untuk tidak membawa catatan kecil yang biasa disebut oleh anak-anak sekarang yaitu kerpe’an atau yang semacamnya. Namanya juga manusia pasti tidak lepas dari kesalahan, sehingga pada ulangan semester ganjil kemarin masih ada saja siswa yang tertangkap basah membawa kerpe’an tsb. Tetapi disitulah keuntungan bagi siswa yang tidak ketahuan membawa catatan kecil,mereka sangat senang. Setelah ulangan selesai pada hari itu, para siswa keluar dari ruangannya masing-masing. Ada juga yang masih belum keluar, dan siswa yang sudah lebih dulu keluar tadi memberikan kode-kode kepada temannya yang masih berada didalam ruangannya.Tidak lama setelah itu lonceng tanda berakhirnya ulangan berbunyi. Para siswa pun keluar dari ruangannya. Setelah itu para siswa saling berinteraksi membicarakan tentang ulangan yang telah mereka jalani tadi.

Keesokan harinya ulangan berjalan dengan lancar seperti hari-hari sebelumnya. Selesai ulangan tertulis, dilanjutkan lagi dengan pengayaan atau pembelajaran bagi mereka yang terkena remedial. Pembelajaran berjalan dengan lancar, tetapi ada siswa yang mengikuti pembelajaran tersebut dengan serius. Tetapi ada saja siswa yang mengikutinya dengan tidak serius sambil bercanda. Pembelajaran ini dilakukan lebih cepat dari ulangan umum. Pembelajaran ini juga dilakukan agar siswa lebih memahami tentang mata pelajaran yang mereka belum mengerti karena tidak serius dalam mengikuti pembelajaran harian sebelumnnya di kelas.

Pada kegiatan pembelajaran itu, ada pula siswa lain yang tidak terkena remed pada hari itu. Mereka yang tidak terkena remed tersebut melakukan aktifitas-aktifitas lain seprti pergi ke perpustakaan, ada juga yang duduk-duduk di depan kaelas, ada yang melakukan aktifitas seperi olahraga-olahraga seperti futsal, basket dll. Selesainya pengayaan dan pembelajaran dilaksanakan kami semua bersiap-siap untuk pulang dan melakukan absen per kelas. Begitu pun kegiatan pembelajaran pada hari berikutnya sampai seterusnya berjalan sama juga, sampai-sampai ada siswa yang mengatakan bosan dengan hari-hari yang mereka lalui itu.

                                                                       PART 1 THE END

Tidak ada komentar:

Posting Komentar