Rabu, 22 Juni 2011

KEGIATAN PERSAMI (PERKEMAHAN SABTU MINNGU) SMA PGRI 1 BANJARBARU

PERSAMI (Perkemehan Sabtu Minggu) adalah suuatu kegiatan perkemahan yang diadakan pada hari sabtu-minggu yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan saling tolong menolong sesama kelompok. Selain untuk menumbuhkan rasa saling tolong menolong, PERSAMI juga sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa bertanggung jawab serta kemandirian seorang anak di luar lingkungan keluarga. Mereka-mereka yang mengikuti kegiatan PERSAMI ini dituntut untuk mandiri dan dapat bertanggung jawab.

Biasanya kegiatan PERSAMI ini dilakukan setelah kegiatan PRAMUKA beberapa minggu selesai dilaksanakan. PERSAMI, di sekolah kami SMA PGRI 1 Banjarbaru diadakan kegiatan PERSAMI setelah beberapa bulan kami semua selesai melaksanakan ulangan semester ganjil kemarin. Tepatnya pada bulan Mei kemarin.

Pada PERSAMI kemarin kami mempersiapkan semuanya dengan matang. Mulai dari barang-barang yg akan kami bawa hingga persediaan bahan makanan.
Pada persami kemarin terbagi menjadi beberapa sangga, salah satunya adalah sangga kami “Pangeran Antasari”. Pada PERSAMI kemarin juga diadakan beberapa kegiatan salah satunya “wide game”.

Pada kegiatan wide game sebelum berangkat, pagi harinya kami semua berkumpul di lapangan untuk melakukan senam pagi untuk melemaskan otot-otot badan. Setelah selesai melaksanakan senam pagi kami semua diberi waktu untuk istirahat sebentar sambil menyantap sarapan dan menyiapkan apa saja yg akan dibawa pada saat wide game dilaksanakan. Sebelum melaksanakan wide game kami semua berkumpul sebentar di lapangan untuk mendengarkan pengarahan dari kakak-kakak ambalan. Selain mendengarkan pengarahan, muka kami juga dirias seperti orang gila. Diberi  pupur dingin dan diberi gincu.

Pada wide game ini terdapat 9 pos yg harus sangga kami dan sangga lainnya harus lalui. Tidak lama setelah pengarahan diberikan, akhirnya sangga kami “Pangeran Antasari” pun berangkat menuju pos 2. Di pos 2 kami disuruh jalan jongkok, dan disuruh menghapalkan dasa dharma dan trisatya. Setelah selesai di pos 2, kami lanjut lagi ke pos 3. Di pos 3 ini kami di perintahkan oleh kakak ambalan untuk melakukan “PBB”. Di pos 3 ini muka kami semua kembali dirias dengan pupur dingin dan gincu, lalu setelah selesai melapor kpd kakak ambalan kami lanjut lagi ke pos 4. Sesampainya di pos 4 kami langsung diberikan soal berupa kata sandi. Dari kata sandi tersebut kami disuruh menerjemahkannya kedlm bahasa Indonesia. Selesainya kami di pos 4, kami lanjutkan lagi perjalanan menuju pos 5. Sesampainya di pos 5, kami disuruh jalan merangkak di kubangan lumpur yg kotor sekali. setelah selesai, kami lanjut lagi ke pos 6. Di sana kami disuruh jalan jongkok lagi, selain itu kami juga disuruh berjalan di dalam got. Selesai di pos 6, kami lanjutkan lagi ke pos 7. Di pos 7 kami diajak oleh kakak ambalan turun ke jurang. Sesampainya di jurang kami melihat sungai, lalu kami langsung disuruh menyalam di sungai tersebut. Setelah itu kami lanjutkan lagi perjalanan ke pos 8. Di pos 8 kami kembali disuruh menghapalkan dasa dharma dan trisatya. Setelah selesai pos 8, kami lanjutkan ke pos terakhir pos 9. Di pos 9 ini kami disuruh membuat tandu di dalam sungai.

Setelah kami melalui semua pos, kami kembali lagi ke pos 1 untuk bristirahat, shalat dan makan. Selesai melakukan kegiatan wide game dan kegiatan lainnya, semua siswa yg mengikuti PERSAMI diperintahkan untuk membongkar tenda dan membersihkan lingkungan. Lau kami bersiap-siap untuk melakukan upacara pelantikan dan penutupan PERSAMI. Selesai upacara pelantikan dan penutupan akhirnya PERSAMI SMA PGRI 1 Banjarbaru pun selesai.

                                                                          PART 2 THE END

Tidak ada komentar:

Posting Komentar